About Mental Illness : Depression

Konbanwa.
Setelah meluapkan uneg-uneg di postingan sebelumnya, saya berhasil menetralkan perasaan saya serta berhasil memaafkan kekurangan saya sendiri. Semua itu ditandai dengan tangisan singkat saya, dilanjutkan dengan perasaan tenang saya. Dengan begini saya yakin sekali bahwa sejatinya saya adalah gadis normal. Saya tidak malu, bahkan bersyukur akan hal itu.
Ini bukan masalah mudah tentunya. Namun, saya di'paksa' untuk cepat-cepat bergerak karena masih banyak masalah lain yang harus saya hadapi.
Nah, baru saja saya keluar dari keterpurukan saya hari ini, saya mendapat kabar bahwa ada korban meninggal karena diduga depresi. Inilah yang saya takutkan. Semakin banyak orang mengakhiri hidup karena depresi.
Saya adalah orang yang mengalami depresi. Tapi, jujur saya tidak memihak orang-orang yang mengakhiri hidupnya dengan mudah. Saya juga depresi, saya paham betul rasanya memiliki penyakit itu. Serba salah, tidak percaya diri, dunia seakan-akan menghujat saya, merasa tidak berguna dan sebagainya. Ya, memang seperti itu. Tapi, terlalu dini untuk menyerah, kan?
Pastinya, untuk orang-orang yang mengalami depresi, saya sarankan untuk segera mencari tempat curhat nyaman. Jangan sekali-kali untuk membiarkan dirimu sendirian. Di kamar, rumah, atau tempat lainnya. Cari teman, jika tidak bisa, cari pekerjaan yang bisa mengalihkan perhatianmu.
Langkah pertama saya untuk sembuh, saya memaksa adik saya agar kami bisa tidur satu kamar. Memang bukan seperti saya yang biasanya, tapi ini demi kesembuhan saya sendiri.
Langkah kedua, saya berusaha untuk menyenangkan diri saya sendiri. Mengerjakan sesuatu yang saya suka agar teralihkan. Yang paling enak adalah menjalankan hobi yang kita punya. Jika tidak punya hobi, mulailah bertanya pada dirimu sendiri. Kira-kira hal apa yang bisa membuatmu bahagia. Lakukan saja, jangan pedulikan omongan orang lain. Jadilah sedikit egois. Yang pasti kamu bisa mendapat ketenangan. Baru setelah sembuh, kamu bisa memulai aktivitasmu layaknya orang normal.
Jangan khawatir. Jika kamu merasa sendiri, sadarlah bahwa masih ada orang lain yang mengalami masalah sama denganmu. Saya juga depresi dan saya terus berjuang melawan penyakit ini.
Tetap semangat untuk menyambut hari esok!

Salam,
Aichi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Trivia] Kemunculan Pertama Haibara Ai (+ Review)

[Re-watch] Kuroko no Basuke Episode 75.5 (OVA)