Mapo Meatball (Asli : Mapo Tofu)

Selamat sore, semuanya!
Hari ini, kebetulan saya punya bahan buat diposting di sore hari.
Jadi, ceritanya saya sedang ngidam baso. Karena malas keluar rumah, akhirnya saya memutuskan untuk membuat baso sendiri, dengan bahan seadanya pasti.
Saya mulai membuatnya sekitar setengah tiga sore dan baru selesai menghabiskan makanannya sekarang. Lalu, saya langsung ambil ponsel dan posting.
Proses pembuatannya akan saya jelaskan di bawah.

Pertama-tama, pastikan di dapur sudah tersedia bahan yang dibutuhkan, yaitu tepung terigu, tepung tapioka (kanji), bawang putih, garam, gula, bubuk cabai, lada, penyedap rasa (jika dirasa membutuhkan), saos sambal, tepung maizena, daun bawang dan air secukupnya.
Kedua, masuk ke pembuatan baso.
Siapkan wadah untuk adonan baso. Masukkan 9 sendok makan tepung terigu dan 4,5 sendok makan tepung tapioka ke dalam wadah. Cincang halus satu siung bawang putih dan satu tangkai daun bawang, kemudian masukkan ke dalam wadah. Tambahkan bubuk cabai (sesuai selera), garam secukupnya, sedikit gula, penyedap rasa (secukupnya), kemudian tambahkan air hangat secukupnya. Jangan masukkan air terlalu banyak karena bisa membuat adonan terlalu encer dan merusak resep.
Sebelum tahap pengadukan adonan, saya sarankan untuk segera memanaskan air di dalam panci yang nantinya akan dibuat untuk memasak baso.
Setelah adonan sudah diaduk dan dibentuk bola-bola kecil, masukkan baso mentah tersebut ke dalam air yang sudah mendidih. Tunggu sampai baso mengambang, itu artinya baso sudah matang. Tapi, saya sarankan untuk membiarkan baso di dalam air mendidih selama kurang lebih setengah jam.
Sekiranya jika sudah ada baso yang mengambang, segera cincang satu setengah siung bawang putih dan satu tangkai daun bawang. Panaskan minyak di atas wajan, kemudian masukkan cincangan bawang putih dan daun bawang ke wajan.
Setelah gorengan bawang sudah berbau harum, masukkan 150 ml air ke dalam wajan. Setelah itu campurkan garam, gula, lada dan penyedap rasa. Masukkan baso ke dalam wajan dan diamkan sampai air mendidih. Jika air sudah mendidih, tambahkan saos dan bubuk cabai. Diamkan selama lima menit, kemudian matikan kompor. Ambil satu sendok tepung maizena dan taruh di wadah kecil. Larutkan tepung maizena dengan air dingin (saya pernah melarutkan dengan air hangat, tapi malah jadi lengket), kemudian tuangkan ke dalam wajan sambil mengaduk isi wajan.
Berikut foto hasil masakan saya.


Sebenarnya, ada satu bahan dari resep mapo tofu yang belum saya berikan, eh dua sih. Kecap asin dan jahe. Kebetulan saya alergi jahe, jadi saya sengaja tidak memasukkannya. Untuk kecap asin, di rumah tidak ada barang tersebut. Jadi, sengaja saya lenyapkan haha.
Well, cukup sekian untuk postingan kali ini. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Salam,
Aichi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Trivia] Kemunculan Pertama Haibara Ai (+ Review)

[Trivia] Sakamoto Desu Ga? Episode 1 (+ Review)