In Memoriam : Kondo Isami (1834-1868)

Happy friday!
Hari ini tepat tanggal 17 Mei 2019 merupakan peringatan kematian Kondo Isami, komandan Shinsengumi (1863-1868), yang meninggal 151 tahun yang lalu. Satu setengah abad berlalu setelah kematian beliau.
Sebelum itu, saya akan menjelaskan profil singkat Kondo Isami.



Source : id.wikipedia.org

Source : tr.wikipedia.org

Kondo Otsune
Source : hakuouki-history.tumblr.com
Okita Souji (Kiri) dan Kondo Isami (Kanan)
Source : Facebook

Nama : Kondo Isami (近藤勇)
TTL : Chofu, 9 November 1834
Istri : Kondo Otsune
Anak : Kondo Tamako
Katana : Kotetsu
Meninggal : Itabashi, 17 Mei 1868

Kondo Isami merupakan komandan tunggal Shinsengumi, sebelum komandan Shinsengumi yang lain, Serizawa Kamo dan Niimi Nishiki, meninggal. Kondo lahir di desa Kamiishihara, Musashi yang berada di daerah Chofu, Tokyo. Kondo menikah dengan Otsune sebelum pergi ke Kyoto (menjadi anggota Shinsengumi, yang sebelumnya bernama Roshigumi/Mibu Roshigumi). Dua tahun setelah pernikahannya (1862), anak pertama Kondo lahir dan diberi nama Tamako. Selama menjadi samurai, Kondo memilih Kotetsu untuk dijadikan katana-nya. Setelah berjuang selama kurang lebih lima tahun bersama Shinsengumi, Kondo harus menerima takdirnya tepat hari ini 151 tahun yang lalu. Ia dihukum penggal karena dinyatakan telah membunuh politikus sekagilus pedagang dari domain Tosa bernama Sakamoto Ryoma. Namun, pada tahun 1870 setelah restorasi Meiji, Imai Noburo (mantan anggota Mimawarigumi) mengatakan bahwa orang yang bertanggung jawab atas kematian Sakamoto adalah Mimawarigumi. [Pada titik ini saya benar-benar patah hati karena tahu Kondo telah difitnah].

Begitulah. Saya sebagai orang yang mengamati dan mencari banyak informasi tentang Shinsengumi benar-benar menghormati sosok Kondo Isami. Komandan yang tegas, namun hatinya begitu lembut. Sangat disayangkan beliau meninggal karena dipenggal. Orang yang begitu menginspirasi, saya harap bisa ke makam beliau suatu hari nanti.

Well, karena begitu banyak yang menganggumi Shinsengumi (setelah tahu kenyataannya dari kesaksian yang ditulis oleh kapten divisi kedua Shinsengumi, Nagakura Shinpachi, sebelum meninggal), saya menemukan fakta bahwa banyak sekali anime yang mengangkat kisah Shinsengumi. Berikut adalah karakter Kondo Isami dari berbagai anime :

1. Kondo Isao (Gintama)

Source : hikikomorisama.wordpress.com

Meski tidak bernama Kondo Isami, namun salah satu karakter di Gintama ini berdasar pada komandan Shinsengumi. Saat di Gintama pun Kondo Isao berperan sebagai komandan Shinsengumi. Karena Gintama lebih fokus ke genre humor, Kondo Isao memiliki julukan unik, yaitu Gorilla. Kebetulan saya telah menggunakan nama Gorilla (berdasar pada julukan Kondo Isao) pada dua kucing saya. Satu kucing saya namai Gori. Satunya lagi saya namai Rillas.

2. Kondo Isami (Bakumatsu Rock)
Source : bakumatsu-rock.fandom.com
Sejujurnya saya belum pernah melihat anime Bakumatsu Rock. Jadi, saya belum bisa berpendapat lebih. Yang pasti, saya baru tahu tentang informasi ini dan anime ini bakal saya jadikan list anime yang akan didownload. Tapi, melihat deskripsi singkat yang saya baca di fandom-nya, saya pikir Bakumatsu Rock ini benar-benar berbeda dari anime Gintama. I think, bahkan tidak ada katana dan perang. Yang ada malah… penyanyi?

3. Kondo Isami (Rurouni Kenshin)
Source : myanimelist.net

Anime terkenal seperti Rurouni Kenshin juga sedikit menyinggung tentang Shinsengumi. Saya belum pernah melihat anime-nya, tapi saya pernah lihat LA-nya. Sejauh yang saya tahu, saya hanya melihat Saitou Hajime (kapten divisi ketiga Shinsengumi) di LA Rurouni Kenshin.

4. Kondo Isami (Peacemaker Kurogane)
Source : bing.com

Sekali lagi, saya belum melihat anime ini. Setelah saya telurusi, Kondo Isami di anime Peacemaker Kurogane hanya menjadi pemeran pendukung. Jika biasanya Kondo divisualkan sebagai orang umur 25+, di anime ini 'umur' Kondo terlihat lebih tua.

5. Kondo Isami (Hakuouki)
Source : pinterest.com

Hakuouki merupakan game yang diadaptasi menjadi anime. Menurut kabar yang saya dapat, Hakuouki dulunya game yang memiliki popularitas tinggi. Itu sebabnya game itu diadaptasi menjadi anime. Cukup menarik karena Hakuouki menceritakan perjalanan Shinsengumi secara urut mulai organisasi itu dibentuk sampai pada akhirnya organisasi itu dibubarkan karena restorasi Meiji. Hakuouki sendiri memiliki 3 season dan 2 movie.

6. Kondo Isami (Time Bokan 24)
Source : anime-planet.com
Time Bokan 24 merupakan anime bertemakan time traveler. Cerita tidak fokus pada Shinsengumi, melainkan fokus pada penjelajahan waktu yang dilakukan oleh toko utama. Jujur saya belum lihat anime ini, jadi saya tidak bisa berpendat lebih.

7. Kondo Isami (Bakumatsu)
Source : anime-planet.com
Kondo Isami di anime Bakumatsu lagi-lagi tidak menjadi tokoh utama. Cerita lebih fokus ke perjuangan Takasugi Shinsaku dan Katsura Kogoro untuk mencuri harta karun yang ada di kapal Shogun. Saya belum melihat anime ini, jadi saya tidak bisa berpendapat lebih.

8. Kondo Isami (Shinsengumi Mokuhiroku Wasurenagusa)
Source : myworldisbluegreen.wordpress.com
Kesan pertama saya setelah melihat gambar Kondo Isami di anime (atau drama CD) Shinsengumi Mokuhiroku Wasurenagusa adalah terlihat eksotis. Entah kenapa, berbeda dari anime-anime lain. Bisa dibilang Kondo di anime ini terlihat seperti pemuda belasan tahun atau orang yang baru memasuki usia 20-an. Dari dulu saya berencana download anime ini, namun belum terlaksana sampai sekarang. Jadi, saya tidak tahu banyak tentang anime ini.

9. Kondo Isami (Touken Ranbu : Hanamaru)
Source : myanimelist.net
Touken Ranbu : Hanamaru juga mengambil tema time traveler, namun ceritanya agak sedikit berbeda. Dibumbui dengan genre supranatural dan fantasy, anime ini menyajikan suatu kejadian yang tidak mungkin bisa terjadi di dunia nyata. Saya belum lihat animenya, jadi belum bisa memberi penilaian.

10. Kondo Isami (Era of Samurai Code of Love)
Source : thelittleangelme.tumblr.com
Untuk yang terakhir ini merupakan game, bukan anime. Lagi-lagi saya harus menyumpal lubang hidung saya agat tidak mimisan. Kondo Isami di game ini terlihat sangat muda dan eksotis. Saya berencana untuk mendownload game-nya di play store, tapi setelah tahu game itu berbayar, saya jadi mengurungkan niat haha. Saya sudah cukup memainkan game berbayar seperti Hakuouki.


Itu dia karakter Kondo Isami di anime maupun di game yang bisa saya rangkum. Saya tidak pernah berniat untuk menjelekkan nama Kondo, karena saya sangat menghormati beliau. Saya selalu terkesan dengan keteguhan hatinya. Beliau benar-benar samurai yang hebat dan saya kagum karena beliau bisa merangkul orang-orang kuat di Shinsengumi. Seorang yang bisa dijadikan contoh, seorang pemimpin sejati karena mau melindungi anak buahnya dengan taruhan nyawanya sendiri. Saya sangat berharap bisa bertemu… meski di mimpi haha. Salam hormat dari saya, semoga Anda tenang di sana. Pahlawan yang sesungguhnya akan tetap hidup di hati orang-orang yang ia selamatkan nyawanya. Meski saya tidak termasuk, tapi Anda berhasil menginspirasi saya. Terima kasih.

Salam,
Aichi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Trivia] Kemunculan Pertama Haibara Ai (+ Review)

[Re-watch] Kuroko no Basuke Episode 75.5 (OVA)